Wednesday 11 January 2017

Jepang Bangun Superkomputer Tercepat di Dunia


Jepang sedang mempersiapkan superkomputer dengan kecepatan 130 petaflops dengan investasi USD 173 juta yang diperkirakan akan tuntas pada tahun depan. Kecepatan komputer ini sepuluh kali lipat dari komputer tercepat di Jepang saat ini.

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, teknologi berjuluk Matahari Terbit tersebut mulai tersaingi dengan negara-negara tetangga. Korea selatan dan Tiongkok kini juga memjelma sebagai pusat teknologi baru yang diakui dunia.

Menurut Director General dijapan National Institute Of Advanced Industrial Science and Technology Satoshi Sekiguchi, sejauh ini belum ada komputer yang bisa berjalan dengan kecepatan tersebut. Rencananya, proyek superkomputer ini akan mulai dilaksanakan pada awal tahun depan.


Tujuan dari pengembangan superkomputer ini adalah pemanfaatan kecerdasan buatan. Lewat teknologi deep learning, komputer dapat bekerja dengan algoritma yang meniru saraf otak manusia agar dapat melakukan tugas baru dan menganalisis sejumlah data.

Komputer ini diberi nama ABCI, Akronim dari Al Bridging Cloud Infrastructure. Proses lelang proyek ini sudah dilakukan dan ditutup pada 8 Desember 2016. Rencananya, komputer ini dapat digunakan perusahaan Jepang, yang kini masih memanfaatkan teknologi perusahaan asing seperti Google dan Microsoft.


EmoticonEmoticon