Thursday 29 December 2016

Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Merawat laptop memang gampang-gampang susah,ya semua itu tergantung dari kita sendiri bagaimana cara pemakaian dan perawatannya.Salah satu komponen yang paling penting dalam laptop adalah baterai.



Baterai memang sangat dibutuhkan bagi mereka yang punya mobilitas tinggi,seperti nugas,browsing,atau pun lain sebagainya.Baterai juga sama kaya komponen lain yang punya usia masa pakai,umunya usia masa pakai baterai 2-4 tahun.

Nah dibawah ini beberapa tips singkat untuk merawat baterai laptop anda agar senantiasa awet dan panjang umur  dan tentunya akan membuat anda merasa nyaman selama menggunakannya.

  •  Jangan meletakkan laptop diatas tempat yang sirkulasi buruk,misal diatas kasur,ataupun bantal.Hal tersebut dapat menyebabkan baterai laptop menjadi overheat.
  • Charger laptop dalam keadaan mati.
  • Gunakan stabilizer untuk menjaga agar tegangan listrik yang masuk ke baterai stabil,hal ini dapat membantu menghindarkan dari tegangan listrik yang naik turun,yang dapat berpengaruh terhadap kinerja baterai.
  • Hindari sebisa mungkin baterai kosong sampai 0%,langsung charger jika baterai mulai limit.
  • Lakukan fully discharged secara teratur,dan jangan terlalu sering,semisal satu bulan sekali.
  • Jangan menghidupkan laptop yang sedang dicharger,tunggulah beberapa saat hingga baterai dalam keadaan full.
  • Check terus tingkat wear level baterai kita dan sering membersihkan ventilasi laptop yang bisa kita beli di toko komputer.
Nah kira-kira begitulah sedikit tips untuk merawat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama. cara di atas juga saya lakukan untuk menjaga laptop yang saya miliki,sudah 3 tahun saya lakukan tips diatas dan baterai saya tetap awet.  


EmoticonEmoticon